Cek Nomor NIK Lewat Telepon, Email, SIM Card, Website & Sosmed

Posted on

Cek Nomor NIK – NIK (Nomor Induk Kependudukan) merupakan salah satu nomor indentitas yang wajib dimiliki oleh setiap warga Indonesia. Untuk cek nomor NIK sendiri, saat ini Anda dapat melakukanya dengan melalui berbagai media yang telah dipersediakan oleh DUKCAPIL (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan nomor pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) dikolom paling atas, itu Nomor Induk Kependudukan atau sering disebut dengan nama nomor NIK.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) mungkin salah satu nomor indentitas seseorang yang sering kali digunakan untuk keperluan tertentu misalnya untuk pendaftaran SMA/ Perguruan Tinggi (mahasiswa), registrasi, ataupun yang lainya. Selain itu juga, Nomor Induk Kependudukan (NIK) sering kali digunakan untuk akses validasi berbagai dokumen penting seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Paspor, SIM (Surat Izin Mengemudi), BPKB (Buku Kepemilika Kendaraan Bermotor) ataupun Sertifikat Hak Atas Tanas.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa NIK merupakan sebuah dasar untuk pelayanan publik ke depan. Hal ini berdasarkan pada pasal 38 PP No. 37/200, dimana Nomor Induk Kependudukan (NIK) telah diberikan secara resmi oleh Pemerintah serta telah diterbitkan melalui Instansi Pelaksana ke setiap Penduduk Indonesia apabila telah melakukan pencatatan biodata lengkap.

NIK (Nomor Induk Kependudukan ) memiliki masa berlaku seumur hidup, meskipun terjadi perubahan Domisili. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Adminduk, dimana NIK telah diberlakukan secara Nasional ditahun 2011 yang bakal ditangani oleh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

Apa Itu Nomor NIK ?

Nomor Induk Kependudukan (NIK) memiliki nomor yang unik dan memiliki sifat tunggal. Artinya Nomor Induk Kependudukan disetiap orang tidak mungkin sama. Selain tiu, NIK memiliki nomor yang terdiiri dari 16 angkat. Berikut ini arti nomor NIK yang telah dirumuskan.

  1. Pada 2 digit dikolom 1&2 merupakan Kode Provinsi
  2. Pada 2 digit dikolom 3&4 merupakan Kode Kabupaten/Kota
  3. Pada 2 digit dikolom 5&6 merupakan Kode Kecamatan
  4. Pada 6 digit dikolom 7,8,9,10,11&12 merupakan Kode Tanggal Lahir yang didalamnya Hari, Bulan serta Tanggal kelahiran
  5. Pada 4 digit dikolom 13,14,15&16 merupakan Kode Nomor Urut yang dimulai dari angka 0001

Mari kita ambil contoh dari nomor NIK 3213301101960003, berikut ini penjelasnya :

  • 32 merupakan kode Provinsi Jawa Barat
  • 13 merupakan kode Kabupaten/Kota Subang
  • 30 merupakan kode Kecamatan Pusakajaya
  • 11 merupakan kode tanggal lahir (Anda)
  • 01 merupakan kode bulan lahir (Anda)
  • 96 merupkan kode tahun lahir ditahun 1996 (Anda)
  • 0003 merupakan kode urut registrasi. Artinya penduduk tersebut memililiki nomor urut ke 3 dari sekian penduduk yang memiliki tanggal lahir sama pada satu kecamatan Pusakajaya, Kota Subang dan Provinsi Jawa Barat.

Selain itu Nomor Induk Kependudukan (NIK) telah dijaga dengan melalui sebuah sistem Biometrik, Iris Mata, Wajah dan Sidik Jari didalam program e-KTP, sehingga tidak mungkin terjadinya kesamaan nomor NIK pada seseorang.

Cek Nomor NIK

  1. Lewat Website
  2. Lewat All Operator
  3. Telepon : 1500537
  4. Email : callcenter.dukcapil@gmail.com
  5. Facebook : Halo Dukcapil
  6. Twitter : @ccdukcapil

1. Cara Cek Nomor NIK Melalui Website

Dengan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, untuk cek nomor NIK sendiri dapat Anda lakukan melalui sebuah website Dukcapil. Hal ini bertujuan agar mengetahui apakah nomor NIK yang terdapat didalam e-KTP Anda telah tersimpan kedalam Database Pemerintah. Berikut ini caraya :

  1. Pertama-tama masuk pada website http://dukcapil.kemendagri.go.id/
  2. Silahkan masukan nomor NIK yang erdapat didalam e-KTP
  3. Apabila NIK yang telah terdaftar didalam database pemerintah, maka data Kalian akan muncul secara lengkap

2. Cara Cek Nomor NIK Lewat Sosial Media, Email & Telepon

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, selain dapat cek nomor NIK melalui website Anda juga dapat menghubungi lewat sosial media seperti Facebook ataupun Twitter yang telah kami berikan diatas.

Namun untuk menjaga keamanan, pihak Dukcapil memberikan saran kepada konsumen agar pesan yang dikirim melalaui sosial media tersebut alangkah baiknya Private Message (Direct Message). Hal ini bertujuan agar semua data yang diberikan Anda tidak dapat dilihat oleh orang lain (pihak lain). Jika Anda memberikan data NIK pada kolom komentar sosial media Facebook ataupun Twitter, pastinya akan dapat dilihat oleh orang lain dan bisa saja data Anda akan disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila Anda ingin menyampaikan permasalah lewat e-mail,  pihak Dukcapil juga telah memberikan sebuah alamat email : callcenter.dukcapil@gmail.com. Akan tetapi untuk proses pengajuan masalah memalui e-mail tidak terlalu cepat memerlukan waktu sedikitnya 24 jam untuk menggungu balasan dari Dukcapil.

Jika melalui e-mail kurang cukup membuat Anda puas, pihak Dukcapil sendiri telah menyediakan layanan (pengecekan) lewat aplikasi WhatsApp/SMS. Bagaimana cara cek nomor NIK melalu WhatsApp ? Berikut ini caranya :

Untuk kirim pesan melalui WhatsApp, Email dan SMS, silakan Anda kirim dengan format dibawah ini.

  1. #NIK
  2. #Nama_Lengkap
  3. #Nomor_Kartu_Keluarga
  4. #Nomor_Telp
  5. #Keluhan

Sedangkan jika Anda ingin menghubungi secara langsung pihak Dukcapil melalui nomor telepon. Silahkan Anda dapat menghubungi nomor 1500537 untuk cek nomor NIK Anda masing-masing. Namun pada saat Anda menghubungi nomor tersebut, jangan lupa Anda siapkan KK (Kartu Keluarga), NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor Telepo yang dapat dihubungi.

3. Cek Nomor NIK Lewat All Operator

1. XL Axiata

Lewat USSD, Format : *123*4444#

2. Telkomsel

Lewat website : https://telkomsel.com/cek-prepaid

3. Indosat

Lewat SMS, Format : INFO#MSISDN kirim ke 4444 atau juga INFO#NIK kirim ke 4444

4. Hutchison

Lewat website : https://registrasi.tri.co.id

5. Smartfren

Website : https://my.smartfren.com/check_nik.php

6. STI
Lewat website : https://my.net1.co.id

Kenapa Harus Cek Nomo NIK ?

Biasanya untuk cek nomor NIK sendiri dilakukan untuk keperluan tertentu yang menyangkut identitas seseorang. Sebut saja misalnya seperti untuk daftar SMA/Mahasiswa, Dokumen Penting (BPKB, SIM, Paspor, Pajak & lainya) serta CPNS. Untuk pendaftaran SMA/Mahsiswa & CPNS yang menggunakan sebuah sistem online, biasanya masalah NIK sering kali menjadi salah satu penghabat.

Masalah tersebut biasanya nomor KK (Kartu Keluarga) dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak dapat ditemukan, sehingga mereka diharuskan untuk cek nomor NIK terlebih dahulu. Dengan adanya Dukcapil, akan membantu Anda untuk cek NIK dan Kartu Keluraga secara online.

Mungkin cukup sampai disini mengenai Cek Nomor NIK, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Mohon maaf jika dalam ulasan tersebut terdapat kesalahan yang tidak Kami sengaja. Terima kasih, Hormat Kami !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *